Halaman

Halaman

TERJEMAH KITAB FATHUL MUIN





الحمد لله الفتاح الجواد
segala puji bagi Allah yang maha pembuka lagi maha pemberi
المعين على التفقه في الدين من اختاره من العباد
yang menolong untuk belajar agama seorang yang ia pilih dari hamba-hambanya
وأشهد أن لا إله الله شهادة تدخلنا دار الخلود
dan saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, dengan persaksikan yang memasukkan kita ke rumah kekekalan
وأشهد أن سيدنا محمدا عبده ورسوله صاحب المقام المحموم
dan saya bersaksi bahwa junjungan kita nabi Muhammad adalah hambanya dan utusannya, yang memiliki derajat yang terpuji
صلى الله وسلم عليه وعلى آله وأصحابه الأمجاد
selawat Allah dan salamnya semoga terlimpahkan kepadanya dan keluarganya dan sahabat-sahabatnya yang mulia-mulia
صلاة وسلاما أفوز بهما يوم المعاد
Selawat serta salam yang aku memperoleh keduanya di hari kembali
وبعد فهذا شرح مفيد على كتاب المسمى بقرة العين بمهمات الدين
dan setelah itu, ini adalah penjelasan yang berfaedah terhadap kitab yang diberi nama Qurratul ain tentang perkara-perkara penting agama
يبين المراد ويتمم المفاد ويحصل المقاصد ويبرز الفوائد
menjelaskan yang dimaksud, dan menyempurnakan faedah, dan menghasilkan tujuan, dan menampakkan faedah
وسميته بفتح المعين بشرح قرة العين بمهمات الدين
dan aku namakan Fathul Muin tentang penjelasan Qurratul ‘ain tentang perkara-perkara penting agama
وأنا أسأل الله الكريم المنان
dan saya meminta kepada Allah yang maha pemurah lagi maha pemberi
أن يعم الانتفاع به للخاصة والعامة من الإخوان
agar menyebarkan manfaat kitab ini bagi teman-teman yang khusus dan yang umum
وأن يسكنني به الفردوس في دار الأمان
dan menempatkan aku sebab kitab ini di surga firdaus di tempat aman
إنه أكرم كريم وأرحم رحيم
sesungguhnya Ia paling pemurah orang yang pemurah, dan paling pengasih orang yang pengasih
بسم الله الرحمن الرحيم
dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang
أي: أولف: والاسم مشتق من السمو وهو العلو لا من الوسم وهو العلامة
maksudnya: saya mengarang. Lafaz ism itu dikeluarkan dari lafaz sumuw yaitu luhur. Tidak dari wasm yaitu tanda
والله: علم للذات الواجب الوجود
Allah adalah nama untuk dzat yang wajib adanya.
وهو اسم جنس لكل معبود ثم عرف بأل وحذفت الهمزة ثم استعمل في المعبود بحق
Allah itu isim jenis untuk setiap yang disembah, lalu dimakrifatkan dengan Al dan di buang hamzahnya, lalu di gunakan untuk yang disembah dengan benar
وهو الاسم الأعظم عند الأكثر ولم يسم به غيره ولو تعنتا
Allah itu nama yang agung menurut kebanyakan ulama’. Dan selain Allah tidak ada yang diberi nama dengan ini, walaupun mengeyel
والرحمن الرحيم صفتان بنيتا للمبالغة من رحم
Rahman dan rahim itu dua sifat yang di bentuk untuk makna sangat dari lafaz rahim
والرحمن أبلغ من الرحيم لأن زيادة البناء تدل على زيادة المعنى ولقولهم: رحمن الدنيا والآخرة ورحيم الآخرة
Rahman itu lebih kuat dari pada rahim karena tambahan bentuk menunjukkan tambahnya makna, dan karena ucapan orang arab, pengasih dunia dan akhirat, dan penyayang akhirat
الحمد الله الذي هدانا أي دلنا لهذا التأليف
Segala puji bagi Allah yang menunjukkan kita maksudnya menunjukkan kita untuk mengarang.
وما كنا لنهتدي لولا أن هدانا الله إليه
Dan kita tidak akan dapat petunjuk jika Allah tidak menunjukkan kita
والحمد هو الوصف بالجميل
Memuji yaitu memberi sifat dengan bagus
والصلاة وهي من الله الرحمة المقرونة بالتعظيم
Selawat yaitu yang dari Allah adalah kasih sayang yang bersamaan dengan pengagungan
والسلام أي التسليم من كل آفة ونقض
Dan salam maksudnya selamat dari setiap penyakit dan kekurangan
على سيدنا محمد رسول الله لكافة الثقلين الجن والإنس إجماعا وكذا الملائكة على ما قاله جمع محققون
Bagi junjungan kita Muhammad utusan Allah untuk seluruh jin dan manusia menurut kesepakatan ulama, begitu juga malaikat menurut ucapan kelompok pakar
ومحمد علم منقول من اسم المفعول المضعف موضوع لمن كثرت خصاله الحميدة
Muhammad adalah nama yang diambil dari isim maful yang di tasydid yang diletakkan bagi orang yang banyak budi pekerti bagus
سمى به نبينا صلى الله عليه واله وسلم بإلهام من الله لجده
Nabi kita SAW diberi nama dengan ini dengan ilham dari Allah kepada kakeknya
والرسول من البشر ذكر حر أوحى إليه بشرع وأمر بتبليغه وإن لم يكن له كتاب ولا نسخ كيوشع عليه السلام
Rasul dari manusia adalah orang laki-laki yang diberi wahyu syariat dan diperintah menyampaikannya, walaupun tidak memiliki kitab dan nasakh seperti Yusya As.
فإن لم يؤمر بالتبليغ فنبي
jika tidak diperintah menyampaikan maka nabi
والرسول أفضل من النبي إجماعا
Rasul itu lebih utama dari pada nabi menurut kesepakatan ulam
وصح خبر أن عدد الأنبياء عليهم الصلاة والسلام مائة ألف وأربعة وعشرون ألفا
Dan sahih sebuah hadis bahwa jumlah para nabi adalah 124.00
وأن عدد الرسل ثلاثمائة وخمسة عشر
dan jumlah para rasul adalah 315
وعلى آله أي أقاربه المؤمنين من بني هاشم والمطلب
Dan bagi keluarganya: yaitu kerabatnya yang beriman dari bani Hasyim dan bani Mutholib
وقيل: هم كل مؤمن أي في مقام الدعاء ونحو
Dan dikatakan mereka adalah setiap orang yang beriman, maksudnya di saat berdoa dan sejenisnya
واختير لخبر ضعيف فيه وجزم به النووي في شرح مسلم
Pendapat ini di pilih karena hadis yang daif, dan imam Nawawi meyakini di syarah muslim
وصحبه وهو اسم جمع لصاحب بمعنى الصحابي
Dan sahabatnya, shob adalah isim jamak bagi lafaz shohib yang bermakna shohabat
وهو من اجتمع مؤمنات بنبينا صلى الله عليه واله وسلم ولو أعمى وغير مميز
ia adalah orang yang berkumpul dalam keadaan beriman dengan nabi SAW walau buta dan belum tamyiz
الفائزين برضا الله تعالى صفة لمن ذكر
Yang mendapat Ridla Allah sifat bagi orang yang telah disebut
وبعد أي بعدما تقدم من البسملة والحمدلة والصلاة والسلام على من ذكر
Dan setelah itu maksudnya setelah yang dahulu terdiri dari basmalah hamdalah selawat salam bagi orang yang telah di sebut
فهذا المؤلف الحاضر ذهنا مختصر قل لفظه وكثر معناه من الاختصار
kitab yang disusun ini yang ada dalam hati itu ringkas yang sedikit lafaznya dan banyak maknanya karena diringkas
في الفقه هو لغة: الفهم
Tentang ilmu fikih, fikih dalam bahasa adalah paham
واصطلاحا: العلم بالأحكام الشرعية العملية المكتسب من أدلتها التفصيلية
Istilah adalah ilmu tentang hukum-hukum syariat yang dikerjakan yang diambil dari dalil-dalil yang terperinci
واستمداده من الكتاب والسنة والإجماع والقياس
Dan sumbernya dari Quran, hadis, ijmak dan qiyas
وفائدته امتثال أوامر الله تعالى واجتناب نواهيه
faedah Fiqih adalah melaksanakan perintah Alah dan menjauhi larangannya
على مذهب الإمام المجتهد أبي عبد الله محمد بن إدريسالشافعي رحمه الله تعالى ورضي عنه
Menurut mazhab imam Al mujtahid Abi Abdillah Muhammad ibnu Idris As Syafii
أي ما ذهب إليه من الأحكام في المسائل
Maksudnya adalah hukum-hukum permasalahan pendapat beliau
إدريس والده هو ابن عباس بن عثمان بن شافع بن السائب بن عبيد بن عبد بن يزيد بن هاشم بن عبد المطلب بن عبد مناف
Idris adalah ayahnya yaitu Ibnu Abbas ibni Usman ibni Syafi ibni Saib ibni Ubaid ibni Abd ibni Yazid ibni Hasyim ibni Abdil Mutolib ibni Abd Manaf
وشافع وهو الذي ينسب إليه الإمام
Syafi yaitu yang imam di sandarkan kepadanya
وأسلم هو وأبوه السائب يوم بدر
Ia masuk Islam beserta ayahnya yaitu saib saat perang badar
وولد إمامنا رضي الله عنه سنة خمسين ومائة وتوفي يوم الجمعة سلخ رجب سنة أربع ومائتين
Imam kita dilahirkan tahun 150, dan wafat hari Jumat akhir Rajab tahun 204
وسميته بقرة العين ببيان مهمات أحكام الدينAku namai Qurratul Ain tenteng keterangan penting dalam hukum agama
انتخبته وهذا الشرح من الكتب المعتمدة لشيخنا خاتمة المحققين شهاب الدين أحمد بن حجر الهيثمي
Saya ambil kitab ini dan syarah ini dari kitab-kitab yang dibuat pegangan milik guru kita akhir ahli tahqih lentera agama Ahmad ibn Hajar Al Haitami
 وبقية المجتهدين مثل وجيه الدين عبد الرحمن بن زياد الزبيدي رضي الله عنهما
Dan seluruh mujtahid seperti pemuka agama Abdurrahman ibni Ziyad Az Zubaidi RA
وشيخي مشايخنا: شيخ الإسلام المجدد زكريا الأنصاري الإمام الأمجد أحمد المزجد الزبيدي رحمهما الله تعالى
Dan dua guru para guru kita yaitu Syaikhul Islam Al mujadid Zakariya Al Anshori, dan imam amjad Ahmad Muzajjad az Zubaidi Rahimahumallah
وغيرهم من محققي المتأخرين
dan selain mereka, yang terdiri dari pakar-pakar ulama akhir
 معتمدا على ما جزم به شيخا المذهب: النووي والرافعي فالنووي فمحققو المتأخرين رضي الله عنهم
Seraya berpegangan pada pendapat yang diyakini dua guru mazhab yaitu Nawawi dan Rafii, lalu imam Nawawi, lalu pakar-pakar ulama akhir
راجيا من ربنا الرحمن أن ينتفع به الأذكياء أي العلاء
Seraya mengharap dari Tuhan kita yang maka pengasih agar memberi manfaat ini kepada orang-orang pintar maksudnya orang-orang yang luhur
وأن تقر به بسببه عيني غدا أي اليوم الآخر بالنظر إلى وجهه الكريم بكرة وعشيا آمين
Dan semoga Allah menenangkan pandanganku besok maksudnya dir hari akhir untuk melihat wajah-Nya yang mulia pagi dan sore . amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar