Nama kitab: Matan Al-Jazariyah (متن الجزرية)
Pengarang: Syamsuddin Abul Khair Muhammad bin Muhamad bin Muhammad bin Ali bin Yusuf Al-Jazary Ad-Dimasyqi Asy-Syafi'i
Penerjemah: Abu Ezra El Fadhli
Bidang studi: Ilmu Tajwid (Cara membaca makharijul huruf al-Quran)
1 يَقُـولُ رَاجِــي عَـفْـوِ رَبٍّ سَـامِـعِ *** مُحَـمَّـدُ بْـنُ الْـجَـزَرِيِّ الشَّافِـعِـي
2 الْحَـمْـدُ لـلَّـهِ وَصَـلَّـى الـلَّــهُ *** عَـلَــى نَـبِـيِّــهِ وَمُـصْـطَـفَـاهُ
3 مُـحَـمَّـدٍ وَآلِــهِ وَصَـحْـبِــهِ *** وَمُـقْـرِئِ الْـقُـرْآنِ مَــعْ مُـحِـبِّـهِ
4 وَبَـعْــدُ إِنَّ هَـــذِهِ مُـقَـدِّمَــهْ1 *** فِيـمَـا عَـلَـى قَـارِئِـهِ أَنْ يَعْـلَـمَـهْ
5 إذْ وَاجِــبٌ عَلَـيْـهِـمُ مُـحَـتَّــمُ *** قَـبْـلَ الـشُّـرُوعِ أَوَّلاً أَنْ يَعْـلَـمُـوا
6 مَـخَـارِجَ الْـحُـرُوفِ وَالـصِّـفَـاتِ *** لِيَلْـفِـظُـوا2 بِـأَفْـصَـحِ الـلُّـغَــاتِ
7 مُـحَـرِّرِي التَّـجْـوِيـدِ وَالمَـوَاقِـفِ *** وَمَـا الَّـذِي رُسِّـمَ3 فِـي المَصَـاحِـفِ
8 مِـنْ كُـلِّ مَقْطُـوعٍ وَمَوْصُولٍ بِـهَـا *** وَتَـاءِ أُنْثَـى لَـمْ تَكُـنْ تُكْـتَـبْ بِــ:هَـا
PENGANTAR
1. Akan berkata seseorang yang mengharap ampunan dari Allaah ﷻ Rabb yang
Maha Mendengar: Syamsuddin Abul Khair Muhammad bin Muhammad bin Muhammad
bin ‘Ali bin Yuusuf Al-Jazariy Ad-Dimasyqi Asy-Syaafi’i.
2. Segala puji bagi Allaah ﷻ dan shalawat (rahmat) dari Allaah ﷻ atas nabi-Nya dan manusia pilihan-Nya,
3. Yaitu Rasuulullaah Muhammad bin Abdullaah juga seluruh keluarga dan para sahabatnya, serta para Muqriil Quran dan para pecintanya.
4. Kemudian setelah itu, sesungguhnya kitab ini merupakan Muqaddimah (pendahuluan) yang berisi mengenai apa-apa yang wajib dipelajari oleh para pembaca Al-Quran.
5. Maka wajib secara mutlak bagi para pembaca Al-Quran, sebelum mereka mulai membaca Al-Quran, hendaklah terlebih dahulu memahami,
6. Tempat-tempat keluarnya huruf hijaiyah serta sifat-sifat yang mengiringinya, agar mereka bisa mengucapkan huruf demi huruf tersebut dengan bahasa yang paling fasih.
7. Menguasai dan mampu menerapkan kaidah-kaidah tajwid juga kaidah-kaidah waqaf (cara berhenti dan memulai membaca Al-Quran) dengan baik dan benar, serta memahami apa-apa yang tertulis pada mushaf-mushaf ‘Utsmani,
8. Yaitu dari mulai mengenai dua kata yang tertulis disambung atau
dipisah, juga mengenai penulisan huruf Ta ta’nits (huruf Ta yang
digunakan untuk menunjukkan perempuan/ feminin) yang tidak ditulis
dengan Ta marbuthah (yakni Ta yang berbentuk seperti huruf Ha dengan dua
titik di atasnya), padahal biasanya Ta ta’nits ditulis dengan Ta
marbuthah bukan Ta maftuhah (Ta asli).
باب مخارج الحروف
9 مَخَـارِجُ الحُـرُوفِ سَبْـعَـةَ عَـشَـرْ *** عَلَـى الَّـذِي يَخْتَـارُهُ مَــنِ اخْتَـبَـرْ
10 فَأَلِـفُ الـجَـوْفِ4 وأُخْتَـاهَـا وَهِــي *** حُــرُوفُ مَــدٍّ للْـهَـوَاءِ تَنْـتَـهِـي
11 ثُـمَّ لأَقْصَـى الحَـلْـقِ هَـمْـزٌ هَـاءُ *** ثُــمَّ لِـوَسْـطِـهِ5 فَـعَـيْـنٌ حَـــاءُ
12 أَدْنَــاهُ غَـيْـنٌ خَـاؤُهَـا والْـقَـافُ *** أَقْصَـى اللِّسَـانِ فَـوْقُ ثُــمَّ الْـكَـافُ
13 أَسْفَـلُ وَالْوَسْـطُ فَجِيـمُ الشِّـيـنُ يَـا *** وَالـضَّـادُ مِــنْ حَافَـتِـهِ إِذْ وَلِـيَــا
14 لاضْرَاسَ مِـنْ أَيْـسَـرَ أَوْ يُمْنَـاهَـا *** وَالـــلاَّمُ أَدْنَــاهَــا لِمُنْـتَـهَـاهَـا
15 وَالنُّونُ مِـنْ طَرَفِـهِ تَحْـتُ اجْعَـلُـوا *** وَالــرَّا يُدَانِـيـهِ لِظَـهْـرٍ أَدْخَـلُ
16 وَالطَّـاءُ وَالـدَّالُ وَتَـا مِـنْـهُ وَمِـنْ *** عُلْيَـا الثَّنَـايَـا والصَّفِـيْـرُ مُسْتَـكِـنْ
17 مِنْهُ وَمِـنْ فَـوْقِ الثَّنَـايَـا السُّفْـلَـى *** وَالـظَّـاءُ وَالــذَّالُ وَثَــا لِلْعُـلْـيَـا
18 مِـنْ طَرَفَيْهِمَـا وَمِـنْ بَـطْـنِ الشَّفَهْ *** فَالْفَـا مَـعَ اطْـرافِ الثَّنَايَـا المُشْرِفَـهْ
19 لِلشَّفَتَـيْـنِ الْــوَاوُ بَــاءٌ مِـيْــمُ *** وَغُـنَّــةٌ مَخْـرَجُـهَـا الخَـيْـشُـومُ
MAKHARIJUL HURUF (TEMPAT KELUARNYA HURUF)
9. Tempat-tempat keluar huruf hijaiyah itu berjumlah 17 (tujuh belas) tempat untuk 29 (dua puluh sembilan) huruf, berdasarkan pendapat yang terpilih dari para Ulama Ahli Qiraah. Ini merupakan pendapat yang dipilih oleh Al-Imam Ibnul Jazariy.
10. Maka pada rongga yang mencakup rongga tenggorokan hingga rongga
mulut, terdapat Alif dan saudari-saudarinya yakni huruf-huruf mad (Wawu
mad dan Ya mad)
yang berhenti seiring dengan berhentinya nafas.
11. Kemudian pada tenggorokan yang paling jauh dari rongga mulut, tepatnya pada pangkal pita suara (laring), keluar dua huruf: Hamzah dan Ha. Kemudian pada tenggorokan bagian tengah, yakni pada katup epiglotis (lisaanul mizmaar) keluar huruf ‘Ain dan Ha,
12. Pada tenggorokan yang paling dekat dengan rongga mulut, keluar huruf
Ghain dan Kha, tepatnya merupakan persentuhan antara bagian belakang
lidah (jadzrul lisaan) dengan ujung uvula, yakni daging yang tersambung
dengan langit-langit dan merupakan persimpangan antara rongga mulut
dengan rongga hidung, dekat dengan orofaring (faring bagian tengah).
Adapun huruf Qaf keluar dari pangkal lidah yang bersentuhan dengan langit- langit atas, yakni langit-langit yang lunak.
Kemudian huruf Kaf...
13. Tempat keluarnya di bawah huruf Qaf, yakni persentuhan antara
pangkal lidah dengan langit-langit yang keras dan yang lunak sekaligus,
sedikit di bawah tempat keluarnya huruf Qaf.
Pada tengah lidah keluar huruf Jim bila disentuhkan ke langit-langit,
serta keluar huruf Syin dan Ya bila digerakkan mendekati langit-langit.
Huruf Dhad keluar dari sisi lidah yang memanjang dari pangkal lidah hingga ke ujung lidah, saat bersentuhan dengan...
14. Gigi geraham, baik yang sebelah kiri ataupun sebelah kanan, bahkan
bisa juga kedua sisi lidah disentuhkan dengan gigi geraham yang kiri dan
yang kanan sekaligus.
Huruf Lam keluar dari ujung sisi lidah yang merupakan akhir dari tempat
keluarnya huruf Dhad di sebelah kiri melingkar hingga sebelah kanan,
melalui akhir dari ujung sisi lidah pada bagian depan (kepala lidah).
Disentuhkan dengan langit-langit yang dekat dengan gusi gigi seri atas.
15. Dan huruf Nun keluar dari ujung lidah yang bersentuhan dengan
langit-langit di bawah tempat keluarnya huruf Lam, lebih dekat ke gusi
gigi seri atas.
Adapun huruf Ra keluar dekat dengan tempat keluarnya huruf Nun, namun
sedikit masuk ke punggung lidah, yakni bagian ujung lidah yang dekat
dengan tengah lidah.
16. Huruf Tha, Dal, dan Ta keluar dari bagian ujung lidah yang bersentuhan dengan bagian belakang gigi seri atas. Huruf-huruf Shafir (yakni Shad, Zay, dan Sin) keluar bila ujung lidah tegak/ sejajar...
17. Dan mendekat ke atas gigi seri bawah. Adapun huruf Zha, Dzal, dan Tsa lebih tinggi lagi,
18. Yakni keluar dari persentuhan ujung lidah dengan ujung gigi seri atas. Dan dari perut bibir bawah yang bersentuhan dengan ujung gigi seri atas keluar huruf Fa.
19. Dari dua bibir keluar huruf Wawu, Ba, dan Mim. Sedangkan huruf-huruf Ghunnah (suara dengung pada Nun dan Mim) tempat keluarnya adalah rongga hidung.
Mad adalah cara membaca huruf arab dengan panjang dua harkat atau lebih. Mad terbagi menjadi mad lazim, wajib dan jaiz. Wuquf adalah menghentikan bacaan pada kalimat tertentu. Biasanya di akhir kalimat. Ibtida' adalah memulai bacaan. Kesemua itu mempunyai cara-cara khusus terutama dalam membaca Al-Qur'an.
باب المد والقصر
69 وَالـمَــدُّ لاَزِمٌ وَوَاجِـــبٌ أَتَــى *** وَجَـائِـزٌ وَهْــوَ وَقَـصْــرٌ ثَـبَـتَـا
70 فَـلاَزِمٌ إِنْ جَـاءَ بَعْـدَ حَـرْفِ مَــدْ *** سَـاكِـنُ حَالَـيْـنِ وَبِالـطُّـولِ يُـمَـدْ
71 وَوَاجِــبٌ إنْ جَـاءَ قَـبْـلَ هَـمْـزَةِ *** مُـتَّـصِـلاً إِنْ جُـمِـعَـا بِـكِـلْـمَـةِ
72 وَجَـائِــزٌ إِذَا أَتَــى مُـنْـفَـصِـلاَ أ *** َوْ عَـرَضَ السُّكُـونُ وَقْـفًـا مُسْـجَـلاَ
Mad (Panjang) dan Qashr (Pendek)
69. Dan hukum mad itu lazim (mesti dipanjangkan hingga enam harakat),
wajib (harus dipanjangkan lebih dari dua harakat), dan jaiz (boleh
dipanjangkan lebih dari dua harakat, boleh dibaca dua harakat saja).
Hukum mad (membaca lebih dari dua harakat)
dan qashr (membacanya hanya dua harakat saja) itu keduanya ada di dalam Al-Quran.
70. Mad lazim terjadi bila setelah huruf mad (Alif, Ya mad, dan Wawu
mad) terdapat sukun asli, baik di tengah kalimat (dibaca washal) ataupun
di akhir kalimat (dibaca waqaf). Cara membacanya adalah memanjangkan
mad dengan thuul (enam
harakat).
71. Mad wajib yaitu apabila huruf mad berada sebelum Hamzah, dimana Hamzah
tersebut berada pada satu kata dengan huruf mad. Maka mad mesti dipanjangkan lebih dari dua harakat.
72. Mad jaiz yaitu apabila ada Hamzah setelah huruf mad, dimana Hamzah tersebut berada pada kata yang berbeda (terpisah) dengan huruf mad. Juga mad dihukumi jaiz apabila setelah huruf mad terdapat sukun ‘aridh di akhir kalimat, yakni huruf hidup yang disukunkan. Maka, mad boleh dipanjangkan lebih dari dua harakat.
باب معرفة الوقوف
73 وَبَـعْـدَ تَـجْـوِيْـدِكَ لِلْـحُـرُوفِ *** لاَبُــدَّ مِــنْ مَعْـرِفَـةِ الْـوُقُــوفِ
74 وَالابْـتِــدَاءِ29 وَهْــيَ تُـقْـسَـمُ إِذَنْ *** ثَـلاَثَـةً30 تَــامٌ وَكَـــافٍ وَحَـسَــنْ
75 وَهْـيَ لِمَـا تَـمَّ فَــإنْ لَـمْ يُـوجَـدِ *** تَعَـلُـقٌ أَوْ كَــانَ مَعْـنًـى فَابْـتَـدي
76 فَالتَّـامُ فَالْكَـافِـي وَلَفْـظًـا فَامْنَعَـنْ *** إِلاَّ رُؤُوسَ الآيِ جَـــوِّزْ فَالْـحَـسَـنْ
77 وَغَـيْـرُ مَـا تَـمَّ قَبِـيْـحٌ وَلَــهُ *** يُـوْقَـفُ31 مُضْـطَـرًّا وَيُـبْـدَا32 قَبْـلَـهُ
78 وَلَيْسَ فِي الْقُرْآنِ مِـنْ وَقْـفٍ وَجَـبَ33 *** وَلاَ حَـرَامٌ34 غَيْـرَ35 مَــا لَــهُ سَـبَـبْ
Wuquf (Berhenti) dan Ibtida' (Memulai)
73. Dan setelah engkau memahami kaidah-kaidah dan praktik dalam tajwidul
huruf (bab makhraj sampai mad). Maka selanjutnya engkau mesti memahami
kaidah-kaidah waqaf (tata cara berhenti) dalam membaca Al-Quran, karena
kesempurnaan membaca
Al-Quran adalah “tajwiidul huruuf wa ma’rifatul wuquuf”.
74. Dan juga memahami tata cara ibtida` (memulai bacaan) dalam membaca Al-
Quran. Hukum waqaf dan ibtida terbagi menjadi tiga: taam (sempurna), kaaf (cukup), dan hasan (baik).
75. Dan apabila engkau berhenti pada kata yang susunan kalimatnya telah
sempurna. Baik itu: tidak ada hubungan lafazh dan makna dengan kata
setelahnya atau terdapat hubungan makna dengan kata setelahnya namun
tidak terdapat hubungan
lafazh, maka mulailah bacaan (ibtida`) dari kata setelahnya.
76. Berhenti pada kata yang tidak memiliki hubungan lafazh dan makna dengan kata setelahnya disebut waqaf taam. Sedangkan berhenti pada kata yang memiliki hubungan makna namun tidak memiliki hubungan lafazh dengan kata setelahnya disebut waqaf kaaf.
Adapun bila engkau berhenti pada kata yang memiliki hubungan lafazh dan
makna, maka janganlah engkau ibtida` pada kata setelahnya. Kecuali bila
engkau berhenti di akhir ayat, walaupun masih memiliki hubungan lafazh
dan makna dengan ayat setelahnya, namun engkau boleh langsung ibtida`
pada awal ayat, tanpa mengulangi kata yang ada pada akhir ayat
sebelumnya. Karena berhenti pada setiap
akhir ayat merupakan kebaikan (waqaf hasan).
77. Apabila engkau berhenti pada kata yang belum sempurna lafazh atau maknanya dengan sengaja, maka itu adalah waqaf qabih, yakni cara berhenti yang buruk. Kecuali bila berhenti karena darurat, seperti kehabisan nafas atau bersin, maka hal tersebut diperbolehkan. Lalu, engkau memilih beberapa kata sebelumnya untuk ibtida` agar tidak merusak makna, sehingga maksud dan tujuan ayat tersebut tercapai.
78. Dan permasalahan waqaf dan ibtida’ dalam Al-Quran ini tidak ada yang hukumnya wajib atau haram selama tidak ada sebabnya. Bila ada sebab sebagaimana yang telah dijelaskan, yakni berkaitan dengan hubungan lafazh dan makna, lalu mengakibatkan makna ayat berubah, maka hukumnya bisa jatuh menjadi makruh, haram, atau bahkan kufur.
باب المقطوع والموصول
79 وَاعْـرِفْ لِمَقْطُـوعٍ وَمَوْصُـولٍ وَتَـا *** فِـي مُصْحَـفِ36 الإِمَـامِ فِيمَـا قَـدْ أَتَـى
80 فَاقْطَـعْ بِـعَـشْـرِ كَـلِـمَـاتٍ أنْ لا *** مَـــعْ مَـلْـجَــأَ37 وَلاَ إِلَــــهَ إِلاَّ
81 وَتَعْـبُـدُوا يَاسِـيـنَ ثَانِـي هُـودَ لاَ *** يُشْرِكْـنَ تُشْـرِكْ يَدْخُلْـنَ تَعْلُـوا عَلَـى
82 أَنْ لا يَقُـولُـوا لاَ أَقُـــولَ إِنْ مَــا *** بِالرَّعْـدِ وَالمَفْتُـوحَ صِـلْ وَعَـنْ مَــا
83 نُهُوا اقْطَعُـوا مِـنْ مَـا بِرُومٍ وَالنِّسَـا *** خُـلْـفُ المُنَافِقِـيـنَ أَمْ مَــنْ أَسَّـسَـا
84 فُصِّلَـتِ النِّسَـا وَذِبْـحٍ حَـيْـثُ مَـا *** وَأَنْ لَـمِ المَفْـتُـوحَ كَـسْـرُ إِنَّ مَــا
85 الانْعَـامَ وَالمَفْـتُـوحَ يَدْعُـونَ مَـعَـا *** وَخُـلْـفُ الانْـفَـالِ وَنَـحْـلٍ وَقَـعَـا
86 وَكُـلُّ مَـا سَـأَلْتُـمُـوهُ وَاخْـتُـلِـفْ *** رُدُّوا كَذَا قُـلْ بِئْسَمَـا وَالْوَصْـلَ صِـفْ
87 خَلَفْتُمُونِي وَاشْتَـرَوْا فِـي مَـا اقْطَعَـا *** أُوحِـيْ أَفَضْتُـمُ اشْتَهَـتْ يَبْلُـوا مَـعَـا
88 ثَـانِـي فَعَـلْـنَ وَقَـعَـتْ رُومٍ كِـلاَ *** تَنْزِيْـلُ38 شُعَـرَا وَغَـيْـرَ ذِي صِــلاَ39
89 فَأَيْنَمَـا كَالنَّـحْـلِ صِـلْ وَ مُخْتَـلِـفْ40 *** فِي الشُّعَرَا41 الأَحْـزَابِ وَالنِّسَـا وُصِـفْ
90 وَصِـلْ فَإِلَّـمْ هُـودَ أَلَّــنْ نَجْـعَـلاَ *** نَجْمَـعَ كَيْـلاَ تَحْزَنُـوا تَأْسَـوْا عَـلَـى
91 حَــجٌّ عَلَـيْـكَ حَـرَجٌ وَقَطْـعُـهُـمْ *** عَنْ مَـنْ يَشَـاءُ مَـنْ تَوَلَّـى يَـوْمَ هُـمْ
92 ومَــالِ هَــذَا وَالَّـذِيــنَ هَــؤُلاَ *** تَحِيـنَ فِـي الإمَـامِ صِـلْ وَوُهِّــلاَ
93 وَوَزَنُـوهُــمُ وَكَـالُـوهُـمْ صِــلْ *** كَـذَا مِـنَ الْ وَيَـا وَهَـا42 لاَ تَفْـصِـلْ
Al-Maqthu’ (Putus) dan Mawshul (Sambung)
79. Dan ketahuilah permasalahan maqthu’ (dua kata yang ditulis terpisah)
dan maushul (dua kata yang ditulis bersambung), serta permasalahan
penulisan huruf Ta, apakah ditulis dengan Ta marbuthah atau ditulis
dengan Ta maftuhah pada mushaf Imam (Utsmani). Karena pengetahuan
terhadap penulisan ini erat kaitannya dengan persoalan waqaf dan
ibtida`. Khususnya saat waqaf dan ibtida` yang darurat atau waqaf
dan ibtida` ikhtibariy (sebagai bentuk ujian dan pengajaran).
80. Pisahkan pada sepuluh kalimat penulisan (أن) dan (ل), yakni saat berhadapan dengan “malja`a” (At-Taubah 118), “laailaaha” (Huud 14),
81. Juga bila (أن) dan (ل) berhadapan dengan “ta’budu” pada surat Yasin (ayat 60) &
Hud (ayat 26), “laa yusyrikna” (Mumtahanah 12), “tusyrik” (Al-Hajj 26), “yadkhulan” (Al-Qalam 24), “ta’lu ‘ala” (Ad-Dukhaan 19),
82. Juga bila (أن) dan (ل) berhadapan “laa yaqulu” (Al-A’raaf 169) dan
“laa aquula” (Al-A’raaf 105). Dan pisahkan juga kata (إن) dan (ما) pada
surat Ar-Ra’du (ayat 40), dan bila difathahkan Hamzahnya maka
sambungkanlah, yakni kata (أم) dan (ما).
Dan juga pisahkanlah kata (عن) dan (ما)...
83. Sebelum kata “nuhuu” (Al-A’raaf 166).
Dan pisahkanlah (من) dan (ما) pada QS. Ar-Ruum (28) & An-Nisaa (25).
Sedangkan pada QS. Al-Munafiqun 10 para Ulama berbeda pendapat apakah
penulisan (من) dan (ما) disambung atau dipisah.
Dan pisahkanlah (أم) dan (من) sebelum “assasa” (QS. At-Taubah 109),
84. Juga pisahkanlah (أم) dan (من) pada surat Fushshilat 40, An-Nisa
109, dan surat yang menceritakan penyembelihan (dzibhin), yakni QS.
Ash-Shaaffat 11. Dan pisahkan juga (حيث) dan (ما) pada semua tempat di
dalam Al-Quran, dengan kesepakatan para Ulama. Juga pisahkanlah
(أن) dan (لم) pada semua tempat di dalam Al-Quran, dengan kesepakatan
para Ulama.
Dan pisahkanlah (ن إ) dan (ما) pada...
85. Surat Al-An’aam 134, dan terjadi perbedaan pendapat pada Surat An-Nahl.
Dan pisahkanlah (ن أ) dan (ما) pada sebelum kata “yad’uuna” (QS.
Al-Hajj 62 & Luqman 30). Serta terjadi perbedaan pendapat pada Surat
Al-Anfaal (28 & 41), dimana dalam riwayat dari Imam Hafsh
disambung.
86. Dan pisahkanlah (كل) dan (ما) pada sebelum kata “sa`altumuhu” (QS. Ibrahim 34). Serta terjadi perbedaan pendapat pada sebelum kata “ruddu” (QS. An-Nisaa 91), dimana dalam riwayat Hafash dipisah penulisannya.
Juga (terjadi perbedaan pendapat) pada penulisan (بئ) dan (َسمـا) pada قل بئسما
(Al-Baqarah 93) dan sambungkan (بئ) dan (َسمـا)
87. Sebelum “khalaftumuuni” (Al-A’raaf 150) dan “wasytaraw” (Al-Baqarah 90).
Lalu pisahkanlah (في) dan (ما) sebelum “uuhii” (Al-An’aam 145),
“afadhtum” (An- Nuur 14), “isytahat” (Al-Anbiya 102), setelah
“liyabluwakum” (Al-Maaidah 48 & Al- An’aam 165), dan juga...
88. Sebelum “fa’alna” yang kedua (Al-Baqarah 240), Al-Waqiah (61), Ruum (28), dua tempat pada Tanzil (Az-Zumar 3 & 46), dan Syu’ara (146). Sedangkan selainnya disambungkan.
89. Dan sambungkanlah (أين) dan (ما) pada (َمـا ْينَ فَأَ Al-Baqarah 115) & An-Nahl (76), dan para Ulama berbeda pendapat apakah penulisannya disambung atau dipisah pada Asy-Syu’ara (92), Al-Ahzaab (61), & An-Nisaa (78).
90. Dan sambungkanlah (إن) dan (لم) pada (فَإلَّـم ) Surat Huud (14). Juga sambungkanlah (أن) dan (لن) sebelum kata “naj’ala” (Al-Kahfi 48) & “najma’a” (Al- Qiyaamah 3).
Dan sambungkanlah (كي) dan (لا) sebelum kata “tahzanu” (Aali Imran 154) & “ta’saw ‘alaa” (Al-Hadid 23),
91. Juga pada surat Al-Hajj (5), dan sebelum “’alayka harajun” (Al-Ahzab 50).
Dan pisahkanlah (عن) dan (من) sebelum kata “yasyaa” (An-Nuur 43) &
pada “man tawalla” (An-Najm 29). Dan juga pisahkanlah kata (يوم) dan
(هم).
92. Dan pisahkanlah (َمــال ) dengan kata setelahnya bila kata tersebut
“haadza” (Al- Kahfi 49 & Al-Furqan 7), “alladziina” (Al-Ma’arij 36),
dan “haa-ulaa” (An-Nisaa 78).
Dan kata (لات) dan (حين) dalam (mushaf) Imam terdapat keraguan apakah
disambungan (atau dipisahkan). Adapun pendapat terpilih dalam riwayat
Imam Hafsh: dipisahkan.
93. Dan sambungkanlah kata (ََ وَ زَنُـوا) dan (ُهــم ), juga sambungkan kata (َكـالُـو ) dan (ْهـم ُ).
Cara menyambungkannya adalah dengan menghilangkan Alif setelah Wawu jamak.
Begitu pula jangan pernah pisahkan penulisan (ال ta’rif) dengan kata setelahnya
(baik itu Qamariyyah atau Syamsiyyah). Sama halnya dengan (يَـا nida) dan (هـا tanbih) dengan kata setelahnya.
Hamzah Wasol dan Waqaf
Sifat huruf ta' dan cara membaca hamzah washal serta cara waqaf di akhir
kalimat dalam Al-Quran ada tata cara dan aturannya sebagaimana
dijelaskan oleh Imam Al Jazari di bawah ini.
باب التاءات
94 وَرَحْمَـتُ43 الـزُّخْـرُفِ بِالـتَّـا زَبَـرَهْ *** الاعْـرَافِ رُومٍ هُـودِ44 كَــافِ45 الْبَـقَـرَهْ
95 نِعْمَتُـهَـا ثَـلاثُ نَـحْـلٍ إبْـرَهَــمْ *** مَعًـا أَخِيْـرَاتٌ عُقُـودُ الـثَّـانِ هَــمّ
96 لُقْـمَـانُ ثُـمَّ فَـاطِــرٌ46 كَـالـطُّـورِ *** عِـمْـرَانَ لَعْـنَـتَ بِـهَـا وَالـنُّــورِ
97 وَامْـرَأَتٌ يُوسُـفَ عِمْـرَانَ47 الْقَصَـصْ *** تَحْرِيْـمُ48 مَعْصِيَـتْ بِقَـدْ سَمِـعْ يُخَـصْ
98 شَـجَـرَتُ49 الدُّخَـانِ سُـنَّـتْ فَـاطِـرِ *** كُــلاً وَالانْـفَـالِ وَحَــرْفَ50 غَـافِـرِ
99 قُـرَّتُ عَيْـنٍ جَـنَّـتٌ فِـي وَقَـعَـتْ *** فِطْـرَتْ بَقِـيَّـتْ وَابْـنَـتٌ وَكَلِـمَـتْ
100 أَوْسَـطَ الاعْـرَافِ وَكُلُّ مَـا اخْتُلِـفْ *** جَمْعًـا وَفَـرْدًا فِيْـهِ بِالـتَّـاءِ عُــرِفْ
Huruf Ta
94. Dan kata “rahmat” pada QS. Az-Zukhruuf (32) ditulis dengan Ta Maftuhah. Begitu juga pada QS. Al-A’raaf (56), Ruum (50), Huud (73), Kaaf (Maryam: 2), dan Al-Baqarah (218).
95. Juga kata “ni’mat” padanya (Al-Baqarah 231) ditulis dengan Ta
maftuhah, tiga pada An-Nahl (72, 83, 114), dua pada akhir Ibrahim (28
& 34), pada ‘Uqud (Al- Maaidah 11) sebelum kata “ham” yang kedua,
sedangkan sebelum “ham” yang pertama
ditulis dengan Ta marbuthah.
96. Juga kata “ni’mat” pada Luqman (31) ditulis dengan Ta maftuhah,
kemudian Faathir (3), juga Ath-Thuur (29), dan Aali ‘Imraan (103).
Kemudian kata La’nat padanya (Aali ‘Imraan (61)) ditulis dengan Ta maftuhah juga pada An-Nuur (7).
97. Dan kata “imra`at” pada QS. Yuusuf (30 & 51), Aali ‘Imraan (35),
Al-Qashash (9), dan At-Tahriim (10 & 11) ditulis dengan Ta
maftuhah. Begitu pun kata “ma’shiyat”
yang terdapat pada Qad Sami’ (Al-Mujaadalah (8 & 9).
98. Kata “syajarat” pada QS. Ad-Dukhaan (43 & 44) ditulis dengan Ta maftuhah.
Bagitu pun kata “sunnat” pada QS. Faathir (43), dan Al-Anfaal (38) serta Ghaafir (85).
99. Kata “Qurrat” bila bersandingan dengan ‘ain (QS. Al-Qashash 9), kata “Jannat”
pada surat Al-Waaqi’ah (89), kata “Fithrat” pada Ar-Ruum 30, “Baqiyyat”
pada Huud 86, dan “Ibnat” pada At-Tahriim 12 dan kata “Kalimat”...
100. Pada pertengahan Al-A’raaf (137). Serta semua kata yang diperselisihkan oleh para Ulama Qurra mengenai mufrad atau jamaknya, maka ditulis dengan Ta' Maftuhah.
باب همز الوصل
101 وَابْدَأْ بِهَمْزِ الْوَصْـلِ مِـنْ فِعْـلٍ بِضَـمّ *** إنْ كَـانَ ثَالِـثٌ مِـنَ الفِـعْـلِ يُـضَـمّ
102 وَاكْسِرْهُ حَـالَ الْكَسْـرِ وَالْفَتْـحِ وَفِـي *** الاسْمَـاءِ غَيْـرَ51 الـلاَّمِ كَسْرُهَـا وَفِــي
103 ابْـنٍ مَـعَ ابْـنَـةِ امْـرِئٍ وَاثْنَـيْـنِ *** وَامْــرَأَةٍ وَاسْــمٍ مَـــعَ اثْنَـتَـيْـنِ
Hamzah Washal
101. Dan bacalah Hamzah washal pada fi’il (kata kerja) dengan dhammah, Bila huruf ketiga pada fi’il tersebut berharakat dhammah.
102. Dan bacalah Hamzah washal dengan kasrah bila huruf ketiganya berharakat kasrah atau fathah.
Juga bacalah Hamzah washal dengan kasrah apabila berada pada awal kata benda yang tidak didahului Lam ta’rif (Alif Lam), karena pada Alif Lam, Hamzah washal selalu dibaca fathah.
103. Contoh kata benda yang tidak didahului Lam ta’rif adalah ibnin, ibnati, imriin, itsnaini, imraatin, ismin, dan itsnataini. Semua Hamzah washal yang berada pada awal kata-kata tersebut dibaca dengan kasrah, bila kita ingin memulai bacaan darinya.
باب الوقف على أواخر الكلم
104 وَحَـاذِرِ الْـوَقْـفَ بِـكُـلِّ الحَـرَكَـهْ *** إِلاَّ إِذَا رُمْــتَ فَـبَـعْـضُ حَـرَكَــهْ52
105 إِلاَّ بِـفَـتْـحٍ أَوْ بِـنَـصْـبٍ وَأَشِــمّ *** إِشَـارَةً بِالضَّـمِّ فِـي رَفْــعٍ وَضَــمّ
Waqaf di Akhir Kalimat
104. Dan berhati-hatilah jangan sampai engkau membaca huruf yang berada
di akhir kalimat saat waqaf dengan harakat yang sempurna. Kecuali bila
engkau membacanya dengan raum, yakni membaca huruf dengan sebagian
harakatnya saja, para Ulama mengatakan: sepertiga harakat. Maksudnya
membaca huruf terakhir dengan membunyikan sebagian harakatnya saja.
105. Namun membaca dengan raum itu tidak bisa dilakukan bila harakat pada akhir hurufnya fathah atau nashab. Jadi, raum hanya bisa dilakukan bila harakat pada akhir hurufnya kasrah atau
Selain raum, berhenti pada akhir kalimat juga bisa dilakukan dengan cara isymam. Yakni memberikan isyarat dengan kedua bibir sebagaimana kita mengucapkan dhammah (memonyongkan kedua bibir tanpa suara). Dan Isymam hanya bisa dilakukan bila harakat pada huruf terakhirnya rafa’ atau dhammah.
الخاتمة
106 وَقَـدْ تَّـقَـضَّـى نَظْـمِـيَ المُقَـدِّمَـهْ *** مِـنِّـي لِـقَـارِئِ الـقُـرْآنِ تَـقْـدِمَـهْ53
107 (أَبْيَاتُهَـا قَــافٌ وَزَاىٌ فِـي الْـعَـدَدْ *** مَـنْ يُحْسِـنِ التَّجْوِيـدَ يَظْفَـرْ بِالرَّشَـدْ)
108 وَالـحَـمْـدُ للهِ لَـهَـا خِــتَــامُ *** ثُــمَّ الـصَّـلاَةُ بَـعْــدُ وَالـسَّــلاَمُ
109 (عَـلَـى النَّـبِـيِّ المُصْطَـفَـى وَآلِـهِ *** وَصَـحْـبِـهِ وتَـابِـعِـي مِـنْـوَالِــهِ)54
Penutup
106. Telah tuntas nazhamku : Al-Muqaddimah. Sebagai hidangan yang aku sajikan kepada segenap para pembaca Al-Quran.
107. (Bait-baitnya berjumlah Qaf (seratus) dan Zay (tujuh). Siapa saja yang membaguskan bacaan Al-Quran dengan tajwid, merekalah orang-orang yang mendapatkan petunjuk dan keuntungan yang besar.)
108. Segala puji bagi Allaah ﷻ atas terselesaikannya bait-bait ini, kemudian shalawat teriring salam,
109. (Atas Nabi Muhammad Al-Mushthafa ﷺ dan keluarganya. Juga kepada
para Sahabatnya, serta orang-orang yang mengikuti sunnah dan manhajnya.)
Aamiin.
Catatan:
Bait-bait Manzhumah Jazariyah berjumlah 107 bait. Adapun dua bait yang berada di dalam kurung, merupakan tambahan dari Ulama setelahnya. Wallaahu a’lam. [alkhoirot.org]
الألفاظ المختلف في المنظومة الجزرية
1. وفي رواية آخر: مُقَدَّمَهْ
2. وفي رواية آخر: لِيَنْطِقُوا
3. وفي رواية آخر: رُسِمَ
4. وفي رواية آخر: للجَوفِ ألِفٌ
5. وفي رواية آخر: وَ مِنْ وَسَطِهِ
6. وفي رواية آخر: و فِـرَّ
7. وفي رواية آخر: سَكَنَا
8. وفي رواية آخر: اسْتُطِلْ
9. وفي رواية آخر: مَنْ لَمْ يُصَحِّحِ
10. وفي رواية آخر: التلاوَهْ
11. وفي رواية آخر: القِراءَهْ
12. وفي رواية آخر: مِنْ كُلِّ صِفَةٍ
13. وفي رواية آخر: مُكَمِّـلا
14. وفي رواية آخر: وَ هَمْزَ الحمْدُ أَعوذُ إِهدِنَا
15. وفي رواية آخر: مُقَلْقِلًا
16. وفي رواية آخر: كَعَبْدَ اللهِ
17. وفي رواية آخر: نَحْوَ
18. وفي رواية آخر: فِتْنَةْ
19. وفي رواية آخر: ظِلِّ
20. وفي رواية آخر: عَظْمِ
21. وفي رواية آخر: شِوَاظُ
22. وفي رواية آخر: وَعْظٍ
23. وفي رواية آخر: سِوَى
24. وفي رواية آخر: وَجَـمِيْعِ
25. وفي رواية آخر: بِـوَيْلٍ
26. وفي رواية آخر: وَالغَـيْظِ
27. وفي رواية آخر: والحَظِّ لَا الحَضِّ
28. وفي رواية آخر: ظَنِـيْنٍ
29. وفي رواية آخر: والابْـتِـدَا
30. وفي رواية آخر: ثَلاثَةٌ
31. وفي رواية آخر: أَلْوَقْـفُ
32. وفي رواية آخر: وَيَـبْـدَا
33. وفي رواية آخر: يَجِبْ
34. وفي رواية آخر: وَلَاحَرَامٍ
35. وفي رواية آخر: غَيْرُ
36. وفي رواية آخر: في المُصْحَفِ
37. وفي رواية آخر: مَعْ مَلْجَإٍ
38. وفي رواية آخر: تَنْزِيْلِ
39. وفي رواية آخر: وَغَيْرَهَا صِلَا
40. وفي رواية آخر: وَمُخْتَـلَفْ
41. وفي رواية آخر: فِي الظُّلَّـةِ
42. وفي رواية آخر: كَذَا مِنَ الْ وَهَا وَيَا
43. وفي رواية آخر: وَ رَحْمَةَ
44. وفي رواية آخر: هُوْدَ
45. وفي رواية آخر: كَافَ
46. وفي رواية آخر: فَاطِرٍ
47. وفي رواية آخر: عِمْرَانُ
48. وفي رواية آخر: تَحْـرِيْـمَ
49. وفي رواية آخر: شَـجَـرَتَ
50. وفي رواية آخر: وَأُخْرَى
51. وفي رواية آخر: غَيْرِ
52. وفي رواية آخر: الحَرَكَهْ
53. وفي رواية آخر: تَـقْدُمَهْ
54. وفي رواية آخر: ما بين المعكوفين ليس من كلان الناظم رحمه الله، ولكن أدخلهما بعض العلماء
Tidak ada komentar:
Posting Komentar